Adversitiment

Selasa, 22 November 2016

Network Security Pertemuan 6

DENIAL OF SERVICE

Hasil gambar untuk denial of service icon

Latar Belakang

Pada pertemuan kali ini saya akan membahas mengenai Denial Of Service, Denial Of Service merupakan cara terakhir untuk penyerangan terhadap sebuah server.  

Pembahasan

DOS ( Denial Of Service ) adalah sebuah cara terakhir bagi hacker yang dapat dilakukan apabila upaya hack yang dilakukan tidak berhasil untuk menembus sistem dengan membuat server sibuk oleh request yang kita kirim sehingga server sendiri tidak sempat melayani permintaan yang lain.
Dalam melakukan proses request biasanya hacker tidak melakukannya sendiri namun dengan cara meminta bantuan teman dengan cara mengirimkan IP, karena jika ia melakukannya sendiri mungkin butuh beberapa program yang dijalankan, sehingga banyak memakan banyak RAM. Hal itu disebut sebagai DDOS ( Distributed Denial Of Service ).
Cara kerja dari DDOS yaitu membuat server menjadi down dalam hal melayani permintaan dari client, karena server mempunyai batas maksimal dalam menanggapi permintaan yang dilakukan client. Sehingga kita mengirim request sebanyak mungkin hingga batas maksimal sehingga server dapat mengalami down. Ketika server tidak dapat melayani permintaan dari client hal itu disebut dengan “denied”.
Apakah ada cara pencegahannya?
Mungkin untuk saat ini belum ada cara untuk mencegahnya. Namun kita bisa meminimalisir hal tersebut yaitu dengan :
  • Meningkatkan kapasitas pelayanan jika penyerang atau hacker tidak melakukan peningkatan kapasitas permintaan.
  • Memblokir IP penyerang atau hacker melalui firewall.
  • Memasukan semua IP penyerang dalam firewall.
  • Membuat Honey Pot.

Kesimpulan dan Saran

Kesimpulannya yaitu DDOS merupakan salah satu cara terakhir yang dilakukan penyerang jika tidak dapat menembus suatu sistem, namun penyerang dapat melakukan penyerangan langsung terhadap server sehingga server down. Ketika server down semua permintaan dari client akan dibatalkan (denied).
Github klik disini
Referensi
http://rasyidfirman.blogspot.co.id/
https://askahar27.wordpress.com/
Plagiarisme
https://drive.google.com/file/d/0B8al-youtI0IQmFLRjVydFhsSGs/view?usp=sharing

0 komentar:

Posting Komentar