Adversitiment

Selasa, 08 November 2016

Pertemuan 4 Keamanan Jaringan Sniffing

SNIFFING


Latar Belakang

Kita mungkin tidak asing dengan jaringan,baik itu melalui smartphone ataupun komputer.Terutama yang sering berhubungan dengan username dan juga password misal aktivitas email,media sosial,e-banking,dll. Mungkin kalian bertanya-tanya apa hubungannya sniffing dengan username dan password.Saya akan menjelaskan pengetahuan saya tentang sniffing.

Pembahasan

Apa itu Sniffing?
Seperti yang telah dijelaskan, sniffing adalah praktek membaca paket IP dari node 1 ke node lainnya. Metode yang dipakai dalam melakukan sniffing adalah metode intercepting, dimana jaringan peretas akan masuk ke dalam jalur paket data yang target lalui.
Data yang melintas dalam jaringan mengalir secara bolak-balik akan ditangkap dengan menggunakan sniffing yang terkadang menguraikan isi dari request for comment atau spesifikasi lainnya. Kalau dilihat dari struktur jaringannya, salah satu pihak dapat menyadap keseluruhan atau salah satu dari pembagian lalu lintas dari salah satu mesin dalam jaringan. Perangkat pengendali jaringan bisa juga diatur oleh aplikasi atau tool penyadap untuk bekerja secara acak atau random.

Apakah ada cara mencegah Sniffing?

Menurut ilmu yang saya dapatkan cara pencegahannya tidak ada, apakah bisa menggunakan antivirus? firewall? tentu tidak, karena SNIFFING dilakukan pada saat data sudah keluar dari komputer korban dan berada di jaringan komputer, sehingga orang yang melakukan sinffing tidak menyerang langsung ke kmputer korban.

Kesimpulan dan Saran

kesimpulannya dengan  melakukan sniffing anda dapat mengetahui log atau jejak data seperti username dan juga password.
saran saya adalah jangan sembarangan menggunakan ilmu sniffing tanpa ada tujuan yang sangat penting dan jangan sampai merugikan pihak lain.
Github : Klik disini…
Nama                : Yogi Nugraha
NPM                  : 1144076
Kelas                 : 3D
Prodi                 : D4 Teknik Informatika
Kampus           : Politeknik Pos Indonesia
Mata Kuliah    : Network Security

Referensi :

https://rodcysky.wordpress.com/2009/10/12/apa-itu-network-sniffing/


Plagiarisme :

https://drive.google.com/file/d/0B8al-youtI0IdDA4b1ZDRmFrTlk/view?usp=sharing



0 komentar:

Posting Komentar