Adversitiment

Selasa, 15 November 2016

Network Security Pertemuan 5 Spoofing

Spoofing

Hasil gambar untuk spoofing

Latar Belakang

Apakah anda tau apa yang dimaksud dengan Spoofing? Tentu bagi orang awam tidak akan pernah mengenal spoofing, bagi orang-orang IT tentu pasti mengetahui apa itu spoofing, namun bagi anda yang masih mempelajari spoofing mungkin ilmu yang akan saya bagikan kepada anda dapat berguna.

Pembahasan

Spoofing yaitu teknik yang digunakan untuk memperoleh akses ilegal, dimana si penyerang masuk dengan cara berpura-pura memalsukann bahwa halaman tersebut adalah host yang dapat dipercaya, dan teknik ini biasanya dilakukan oleh seorang hacker.

Macam-Macam Spoofing
  • IP-Spoofing adalah serangan teknis yang rumit, terdiri dari beberapa komponen. teknik ini mengeksploitasi keamanan yang bekerja dengan menipu komputer dalam hubungan kepercayaan bahwa anda adalah orang lain.
  • DNS Spoofing merupakan suatu proses yang melakukan pengambilan nama DNS dari sistem lain dengan membahayakan atau merugikan domain server.
  • Identify Spoofing adalah suatu tindakan penyusupan dengan menggunakan identitas resmi secara ilegal. Dengan menggunakan identitas tersebut, penyusup akan dapat mengakses segala sesuatu dalam jaringan.

Contoh :
Seorang dosen ingin terhubung dengan internet dengan menggunakan komputer, anggap saja komputer dosen ini adalah Komputer A. Untuk terhuung dengan internet, Komputer A harus melalui router terlebih dahulu. Komputer A dapat menuju router dengan cara melihat tabel alternatif yang ia miliki, kemudian ada seorang Hacker dan kita anggap saja sebagai Komputer B yang mencoba menipu Komputer A agar tidak dapat terhubung atau terkoneksi internet dengan cara memberikan tabel palsu terhadap Komputer A, sehingga Komputer A melihat tabel palsu yang didapat dari Komputer B dan menganggap Komputer B adalah router. Dari proses tersebut, secara otomatis aliran akses jaringan internet untuk Komputer A akan terputus sehingga tidak dapat melakukan koneksi. 

Kesimpulan

Spoofing adalah masalah tanpa solusi yang mudah untuk diatasi, spoofing juga merupakan sebuah tool atau alat yang dapat memberikan alamat palsu kepada para korbannya sehingga korbannya tidak dapat terhubung dengan internet.

Saran

Jika anda adalah pengguna Internet, maka anda harus lebih berhati hati terhadap masalah yang ada didunia IT, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Nama                : Yogi Nugraha
NPM                  : 1144076
Kelas                 : 3D
Prodi                 : D4 Teknik Informatika
Kampus           : Politeknik Pos Indonesia
Matkul              : Network Security

Referensi :

https://askahar27.wordpress.com/
http://www.priawadi.com/2012/05/pengertian-spamming-snooping-spoofing.html
http://rasyidfirman.blogspot.co.id/
GitHub Klik disini..

Plagiarisme
https://drive.google.com/file/d/0B8al-youtI0IRUliNnpSNmpkRTg/view?usp=sharing

0 komentar:

Posting Komentar