Adversitiment

Selasa, 31 Januari 2017

GIS Pertemuan 3

GIS Pertemuan 3



Latarbelakang

Sistem Informasi Geografis (SIG) merupakan suatu sistem informsasi yang menggabungkan antara data grafis (spasial) dengan data teks berupa objek yang dihubungkan secara geografis di bumi.Hal itu membuat SIG dapat menggabungkan data,mengatur data dan melakukan analisis data yang menghasilkan output yang dapat menjadi acuan dalam sebuah permasalahan yang berhubungan dengan geografis.

Pembahasan

Dalam materi kali ini kita akan membahas tentang shapefile,mungkin kita bertanya-tanya apa yang dimaksud shapefile,python,pip,dan pyshp. Shapefile merupakan sebuah tools yang dapat melakukan penghitungan jumlah pada suatu objek,contoh seperti yang kita bahas disini yaitu coastline,dalam hal ini shapefile akan menghitung objek yang terdapat pada coastline tersebut.
python merupakan sebuah bahasa pemrograman interpretatif multiguna dengan filosofi perancangan yang berfokus pada tingkat keterbacaan kode.
sebelum memulai pemanggilan shapefile,kita install dulu pip dan pyshp.
pip merupakan sebuah sistem manajemen paket yang digunakan untuk menginstal dan mengelola paket perangkat lunak yang ditulis dalam bahasa pemrograman python.
pyshp merupakan sebuah library python yang berfungsi agar bisa membaca shapefile.

Kesimpulan dan Saran

jadi kesimpulannya bahwa shapefile ini berfungsi untuk melihat data atau jumlah data yang dapat kita panggil di command prompt atau langsung di python.
Nama           : Yogi Nugraha
NPM            : 1144076
Kelas            : 3D
Prodi            : D4 Teknik Informatika
Kampus       : Politeknik Pos Indonesia

Referensi :

Plagiarisme :

https://drive.google.com/open?id=0B8al-youtI0IZG53WTNEcDJ2a1E


0 komentar:

Posting Komentar