Adversitiment

Selasa, 17 Januari 2017

Netsec - Radius

RADIUS


Latar Belakang

Apakah anda pernah mendengar atau membaca mengenai radius??
Mungkin untuk orang awam pasti tidak mengenal atau tidak memahami mengenai radius. Untuk lebih jelasnya saya akan bahas lebih lanjut.

Pembahasan

RADIUS (Remote Authentication Dial-In User Service) adalah sebuah protokol keamanan komputer yang digunakan untuk melakukan autentikasi, otorisasi, dan pendaftaran akun pengguna secara terpusat untuk mengakses jaringan. Radius diterapkan dalam jaringan dengan model client-server.

Fungsi pada radius ada 3 yaitu AAA
Authentication adalah proses verifikasi user biasanya dengan username dan password.
Authorization adalah proses pemberian hak akses jaringan.
Accounting adalah perhitungan jumlah yang dipilih user..

Instalasi
Pfcence – system – Package manager – available package – freeradius

FreeRadius merupakan Radius Server yang cukup populer di ranah open source. Dikembangkan oleh Alan DeKok dan Miquel van Smoorenburg pada tahun 1999. Sebelumnya Miquel mengembangkan Cistron Radius, namun kemudian menjadi tidak aktif dikembangkan lagi. FreeRadius kemudian dapat diterima secara luas dan mendapat dukungan dari komunitas opensource.

Kesimpulan

RADIUS (Remote Authentication Dial-In User Service) adalah sebuah protokol keamanan komputer yang digunakan untuk melakukan autentikasi, otorisasi, dan pendaftaran akun pengguna secara terpusat untuk mengakses jaringan. Radius diterapkan dalam jaringan dengan model client-server. Radius merupakan mekanisme keamanan dengan menangani otentikasi dan otorisasi koneksi yang dilakukan user.

Nama : Yogi Nugraha
Kelas : D4 3D TI
NPM : 1144076

POLITEKNIK POS INDONESIA

Github Klik Disini..


Referensi
http://rasyidfirman.blogspot.co.id/
https://mrizqiariadi.wordpress.com/2014/05/22/radius-server-pengertian-penjelasan-dan-cara-install-software-radius-server/

Plagiarisme
https://drive.google.com/open?id=0B8al-youtI0IT250Vlh4Wkc1bEk

0 komentar:

Posting Komentar